Fajar Dapat Penghargaan sebagai Media Profesional

[IMG:dsc-8266.jpeg]

PEKANBARU, FAJAR -- Satu lagi penghargaan yang diperoleh Media Fajar dari Serikat Perusahaan Pers (SPS). Kali ini, kelompok media terbesar di luar Pulau Jawa ini mendapat penghargaan sebagai media profesional yang melaksanakan Piagam Palembang yang ditandatangani 2010, berdasarkan standar SPS dan Dewan Pers.
 
Penghargaan yang diserahkan Wakil Ketua Umum SPS, Agung Adiprasetyo, diterima Direktur Utama Media Fajar, H. Syamsu Nur  di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SPS dan Conference Chief Executive Officer (CEO) Media di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Sabtu, 14 Juli lalu.

Bersama Media Fajar, penghargaan yang sama diberikan pula kepada kelompok media lainnya, masing-masing Kelompok Jawa Pos Group, Kompas Gramedia, Perum LKBN Antara, MNC Group, Transmedia Group, Bintang Media Group, Republika Group, Femina Group, Jakarta Globe Group, Smart FM Group, Panji Media Network, Pikiran Rakyat Group,  Pos Kota Group, TVRI, Bali Post Group, Suara Merdeka Group, dan Waspada Group.

Realisasi terhadap Piagam Palembang yang membuahkan penghargaan bagi Media Fajar itu bertujuan untuk memberikan standar kualitas pers dari sisi pemberitaan, Sumber Daya Manusia (SDM) serta perusahaan menjadi lebih baik.

Ketua Harian SPS Pusat, Muhammad Ridlo Esly, pada kesempatan itu mengatakan, semua perusahaan yang dapat penghargaan ini adalah mereka yang telah memenuhi standar.  Perusahaan peraih penghargaan tersebut, katanya, akan diusahakan mendapat label yang menunjukkan kalau media tersebut sudah tersertifikasi.

Standar Piagam Palembang yang ditandatangani  20 Februari 2010 meliputi empat aspek yang jadi kriteria, yakni Kode Etik Jurnalistik, standar kompetensi wartawan, perlindungan terhadap wartawan dan kompetensi perusahaannya.

Sehari sebelumnya, SPS juga menganugerahi Komisaris Utama Media Fajar, HM Alwi Hamu, penghargaan sebagai tokoh pers yang telah membesarkan media dan aktif memberikan kontribusi sampai saat ini. Penghargaan kepada tokoh pers tersebut merupakan penghargaan pertama yang diberikan oleh SPS. Seperti diberitakan sebelumnya, selain Alwi Hamu tokoh pers lainnya yang memperoleh penghargaan yang sama antara lain Dahlan Iskan, Jakob Oetama, Goenawan Mohammad, Fikri Jufri, Harjoko, dll.

Rakernas SPS dihadiri utusan penerbit pers anggota SPS, Ketua SPS cabang dari seluruh Indonesia, serta pengurus SPS Pusat. Acara dikemas dengan tajuk "CEO Conference, Rakernas, dan SPS Awards 2012". Rangkaian acara dibuka dengan seminar nasional tentang implementasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) wilayah Sumatera yang menghadirkan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Pada kesempatan itu, Hatta mengungkapkan, tahun ini sekira 40 kepala negara akan datang ke Indonesia yang merupakan pasar besar bagi negara lain. "Di sini pers berperan sangat luar biasa,’’ katanya lalu berpesan agar pers menyampaikan yang baik, dan mengkritisi yang buruk. (*/sil)

Sumber: Fajar Online

Senin, 16 Juli 2012 | 00:42:45 WITA