JES Joglosemar dan Makassar Terbentuk

[IMG:img-6872-edit.jpeg]

Perkumpulan jurnalis di bidang ekonomi syariah bentukan BNI Syariah kini merambah wilayah Joglosemar hingga Sulawesi yang diwakili Makassar.

BNI Syariah menilai strategis peran perkumpulan Jurnalis Ekonomi Syariah (JES). Sejak dibentuk tahun 2010 di Jakarta, lalu JES Malang dan Surabaya awal tahun lalu, kini giiran Jawa Tengah dan Sulawesi. 

Tepat tanggal 28 April 2016, perusahaan yang beroperasi sejak tahun 2010 tersebut membentuk JES cabang Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar). Dua hari berikutnya, mereka terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk membentuk perkumpulan serupa. “Keberadaan JES penting dan strategis bagi perkembangan dan pertumbuhan industri perbankan syariah, khususnya untuk Bank BNI Syariah,” kata Endang Rosawati, Head of Corporate Secretary & Communication Division Bank BNI Syariah, mengomentari terbentuknya JES.

Saking strategisnya, BNI Syariah dengan menggandeng Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat bahkan telah mencanangkan untuk membentuk JES di tujuh kota besar di Indonesia. Tujuannya jelas, lanjut Endang, untuk memberikan ruang bagi para rekan jurnalis untuk menambah wawasan, literasi dan pengembangan kompetensi dalam pembuatan berita, khususnya ekonomi syariah.

Melalui JES, BNI Syariah juga memiliki keleluasaan menyampaikan informasi syariah dan produk terkini. “Cara ini membuat kami lebih efektif dalam berkomunikasi dan mengedukasi masyarakat,” imbuhnya.

Wadah yang Tepat
Senada dengan Endang, Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan yang hadir mendampingi BNI Syariah dalam pembentukan JES mengatakan, jurnalis atau insan pers harus berkualitas dalam menyampaikan berita. Salah satu kunci kompetensi tersebut adalah mampu mendalami isu dan menulis secara tajam.

Oleh karenanya, JES menjadi wadah yang tepat untuk memperoleh asupan dalam akurasi penulisan agar sasaran edukasi masyarakat bisa tersampaikan dengan baik. Tercatat 18 jurnalis Joglosemar dan 24 jurnalis Makassar yang berasal dari meja ekonomi dan perbankan menghadiri pembentukan JES. Dalam acara tersebut, BNI Syariah dan SPS berbagi informasi terkini terkait perkembangan industri perbankan syariah secara global dan pertumbuhan industri ini di level nasional. *** lhp/rtn